Ketua Umum Forikan Kabupaten Solok Ny. Emiko Epyardi Asda, SP Hadiri Pembukaan Lomba Serba Ikan Tingkat Kabupaten Solok Tahun 2023

Bagikan Artikel

Solok – Ketua Umum Forikan Kabupaten Solok Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda, SP hadiri Pembukaan Lomba Serba Ikan Tingkat Kabupaten Solok Tahun 2023 pada Rabu, (15/11/ 2023) di Balai Benih Ikan Nagari Sungai Janiah.

Menghadiri Ketua Umum Forikan Kabupaten Solok  Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda, SP, Kepala OPD, Camat se Kabupaten Solok, Ketua Forikan Kecamatan se Kabupaten Solok, Peserta Lomba.

Laporan Panitia Ir. Syoufitri, MM,  kami mengucapkan selamat datang kepada Ibu Ketua Umum Forikan Kabupaten Solok, Bapak / Ibu Undangan dan para peserta Lomba Masak Serba Ikan di UPTD Balai Benih Ikan Sungai Janiah. Peserta Lomba adalah TP PKK atau Forikan kecamatan se Kabupaten Solok yang masing – masing kecamatan mengutus 2 orang.

Dirinya juga menjelaskan, Juri lomba terdiri tadi 3 orang yang berasal dari  Dinas Perikanan Pangan Kab Solok, TP PKK Kabupaten Solok, dan Guru SMK N 1 Lembah Gumanti.

Lomba masak serba ikan ini melombakan 3 jenis masakan yaitu Menu Untuk Keluarga, Menu Untuk Balita, dan Menu untuk Kudapan.

Pemenang masak lomba masak serba ikan adalah juara 1 s/d juara harapan 2 dengan masing – masih hadiah : Juara 1 sebesar Rp. 3 Jt, Juara 2 Sebesar Rp. 2,5 Jt, Juara 3 Sebesar 2 Jt, Harapan 1 Sebesar 1,75 jt, Harapan 2 Sebesar 1,5 Jt. 

Dan kepada juara 1 nantinya akan mewakili Kabupaten Solok mengikuti Lomba Masak Serba Ikan Tingak Provinsi Sumatera Barat Tahun depan.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat menciptakan inovasi menu masakan berbahan baku ikan, terpromosikannya kekayaan masakan berbahan baku ikan kepada masyarakat, terfasilitasi nya upaya peningkatan konsumsi ikan di masyarakat, serta terfasilitasi nya upaya pengembangan ekonomi kreatif

Ketua Umum Forikan Kabupaten SolokĀ  Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda, SP, Pada hari ini kita berkumpul dan memadupadamkan tekad dan niat untuk memajukan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Solok,dengan keikutsertaannya sebagai wujud partisipasinya dalam upaya Peningkatan Konsumsi Ikan di Kabupaten Solok.

Konsumsi ikan Kabupaten Solok baru mencapai 41.38 kg/kap/th sedangkan Provinsi Sumatera Barat 42.52 kg/kap/th (tahun 2022). Konsumsi ikan di Indonesia tahun 2022 sebanyak 56,48 kg/kap/hari, masih rendah jika dibandingkan dengan Negara lain seperti Jepang sebanyak 100 kg/kap/th, Singapura 80 kg/kap/th dan Malaysia 70 kg/kap/th.

Masih rendahnya konsumsi ikan dimasyarakat akan menimbulkan berbagai permasalahan. Beberapa permasalahan yang kita hadapi dalam konteks pangan dan gizi antara lain masih terjadinya peristiwa kerawanan gizi yang menyebabkan bayi lahir pendek (Stunting) dan kegemukan (obesity).

Peningkatan konsumsi ikan diharapkan bisa menekan kasus gizi ganda (kelebihan dan kekurangan gizi, stunting (bayi lahir pendek) dan beberapa kasus lain yang erat kaitannya dengan masalah pangan dan gizi. Untuk itu, makan ikan diharapkan mampu menjadi solusi atas masalah dalam mendukung ketersediaan sumber pangan bergizi bagi masyarakat karena ikan mempunyai kandungan gizi yang tinggi terutama kandungan protein dan omega 3.

Untuk meningkatkan konsumsi ikan di Kabupaten Solok, maka membudayakan makan ikan di masyarakat terutama kalangan generasi muda adalah suatu keharusan. Melalui Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) diharapkan tumbuh kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan yang aman, sehat, dan halal dengan melibatkan seluruh elemen bangsa. Dengan adanya Lomba Masak Serba Ikan ini diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai berikut :

1. Meningkatkan keterampilan para peserta dalam mengolah aneka masakan dari bahan baku ikan.

2. Memperkenalkan keanekaragaman masakan berbahan baku ikan kepada masyarakat luas.

3. Menyebarluaskan informasi tentang ikan, olahan masakan berbahan baku ikan, kandungan gizi serta manfaat gizi ikan bagi kesehatan dan kecerdasan.

Pada kesempatan ini Saya juga mengucapkan terima kasih banyak kepada Dinas Perikanan dan Pangan Kabupaten Solok dan Pengurus Forikan Kabupaten Solok atas kerjasamanya dalam mengikuti Lomba Masak Serba Ikan Tk. Provinsi Sumatera Barat Tahun 2023. Alhamdulillah kita mendapat Juara 3 Kategori Menu Kudapan dan Juara Harapan I Kategori Menu Kudapan.

Kegiatan dilanjutkan dengan Lomba Masak Serba Ikan yang diikuti oleh seluruh kecamatan di Kabupaten Solok.(*)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *