Kapolres Dharmasraya Pimpin Gelar Apel Sat Kamling dan Pemberian Hadiah Sat Kamling Terbaik

Bagikan Artikel

Bimantaranews.com, Dharmasraya – Kapolres Dharmasraya AKBP NURHADIANSYAH, S.I.K pimpin apel sat Kamling dan pemberian hadiah Sat kamling terbaik Kabupaten Dharmasraya di halaman Mapolres Dharmasraya, rabu, 21/06/2023. 09.00 WIB.

Kegiatan gelar apel ini di ikuti oleh Para Kabag, Kasat, para Kapolsek, Para Perwira Staf, para personil Polres , TNI (Bhabinsa), Perwakilan Bhabinkamtibmas dan Para Kasat Kamling jajaran Polres Dharmasaraya.

Pemberian Piagam penghargaan kepada Sat kamling terbaik dalam rangka memeriahkan Hut Bhayangkara ke-77 bertemakan” Polri Presisi untuk Negeri Pemilu Damai Indonesia maju”

Juara terbaik pertama dalam ajang lomba Sat kamling dimenangkan oleh Sat kamling Sungai Duo, dan terbaik ke dua di berikan kepada
Satkamling Padukuan Koto Salak sedangkan terbaik ke tiga diberikan Satkamling
Sopan Jaya Padang Laweh.

Kapolres AKBP Nurhadiansyah, SIK memberikan penghargaan kepada tiga Sat keamanan lingkungan terbaik dari 11 Satkamling yang mengikuti penilaian yang ada di Kabupaten Dharmasraya.

Adapun Satkamling yang menjadi juara terbaik pertama, dua dan tiga yang sudah dilakukan beberapa seleksi indakator penilaian, meliputi kepedulian, keaktifan, kelengkapan, kebersihan dan kerapian, sehingga layak diberikan penghargaan ketiga Satkambing terbut.

Kapolres dalam sambutan mengatakan, Sat kamkamling adalah salah bentuk pengaman Swakarsa berada di bawah binaan Kepolisian Republik Indonesia dan diatur dalam pasal 3 ayat (1) huruf (c) Undang-undang No 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Republik Indonesia menjelaskan dalam penyelegaraan tugas Polri di Bantu oleh Kepolisian Khusus, PPNS, dan bentuk-bentuk pengamanan Swakarsa.

Selain itu, polri juga telah menertibkan Perpol No 4 tahun 2020 sebagai landasan hukum dan penegasan tugas dan tanggung jawab dalam penyelegaraan kegiatan Sat kamling.

Satkamling adalah Garda terdepan dilingkungan RT/W pada lingkungan kelurahan/desa, oleh karena diharapkan menjadi Early Warning atau peringatan dini terhadap potensi kejahatan dan dapat dilakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai sebagian dari pemolisian yang prediktif.

AKBP NURHADIANSYAH menambahkan, Salah satu bentuk Pam Swakarsa, dengan adanya Satkampling yang dilaksanakan di setiap RT, RW atau lingkungan yang diharapkan dapat memberikan kontribusi Positip dalam rangka mendukung upaya pemeliharaan Kamtibmas.

Lebih lanjut, Kapolres menyampaikan menghadapi pemilu yang akan dilaksanakan 2024 nantinya, perlu adanya peran dan partisipasi kita semua menghadapi berbagai permasalahan serta perkembangan situasi yang berpotensi dapat menimbulkan kerawanan kamtibmas, oleh karena itu Polri memerlukan dukungan dan peran serta dari masyarakat, salah satunya dalam bentuk pengamanan swakarsa.
“ Peran serta masyarakat ini dapat diwujudkan dalam bentuk sistem pengamanan Swakarsa yang dilaksanakan secara sukarela oleh warga masyarakat dilingkungannya”,

Sebelum mengakhiri amanatnya Kapolres meminta agar bisa meningkatkan soliditas dan bangun komunikasi positip dengan seluruh komponen masyarakat, serta tingkatkan kerja sama sinergis antara TNI, Polri dan seluruh Stakeholder lainnya dalam memelihara stabilitas keamanan, bahwa kehadiran Satkamling di tengah-tengah masyarakat sangat membantu kepolisian dalam menciptakan keamanan dan kenyamanan terutama di lingkungan. ‘’Tanpa masyarakat, kami tidak bisa berbuat banyak. Tapi dengan adanya partisipasi masyarakat dari tingkat Jorong atau RW dalam menjaga keamanan swakarsa, maka lingkungan kita menjadi aman,’’ Himbaunya.(*)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Eksplorasi konten lain dari Bimantara News

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca