UPT Puskesmas Alahan Panjang Kembali Melaksanakan Re Akreditasi

Bagikan Artikel

Solok – Guna meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan kepada masyarakat, sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan, UPT Puskesmas Alahan Panjang kembali melaksanakan Re Akreditasi.

Kegiatan ini telah dilaksanakan selama 3 hari yakni mulai pada tanggal 16-18 Oktober 2023 bertempat di Puskesmas Alahan Panjang Kec. Lembah Gumanti.

Adapaun kegiatan ini Pada hari pertama pembukaan kegiatan secara langsung oleh Sekertaris Dinas Kesehatan Adriani, selanjutnya Tim Surveyor Re-Akreditasi UPT Puskesmas Alahan Panjang lakukan pemeriksaan Dokumen (Telusur Dokumen) dan Pemeriksaan Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat ke beberapa jorong di Nagari Alahan Panjang.

Kemudian acara dilanjutkan dengan Beberapa Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat yang di Bina Langsung Oleh Puskesmas Alahan Panjang :

  • Pemanfaatan Sampah dari buah-buahan yang dikelola menjadi pupuk eco enzim sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat yang bertani dan bagi kebutuhan rumah tangga bisa di berdayakan sebagai pembersih lantai dan sabun pencuci piring.
  • Program Ikan Larangan, dengan cara menyebarkan Ikan di sepanjang sungai demi mendukung perilaku hidup bersih dan sehat karena melalui program ini masyarakat tidak lagi membuang sampah ke sungai.
  • Pos Khusus Merokok, melalui inovasi ini disediakan pos khusus bagi masyarakat yang ingin merokok sehingga dapat mengurangi kemungkinan terpapar asap rokok bagi keluarga di rumah

Pada hari kedua kegiatan Re Akreditasi disambut baik oleh antusiasme masyarakat dan para Walinagari serta segenap unsur tokoh masyarakat turut ikut serta berkumpul memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan Re-Akreditasi ini, Walinagari air dingin Wandi turut menyampaikan agar Puskesmas Alahan Panjang diberikan hasil Penilaian yang terbaik karena telah memberikan fasilitas pelayanan yang mumpuni dan dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat setempat.

Pada hari ketiga Tim Surveyor Re-Akreditasi lakukan wawancara lintas sektoral bersama dengan Camat Lembah Gumanti dan segenap instansi terkait lainnya.

Dalam kesempatan ini Camat Lembah Gumanti Zulbakti menyampaikan saat ini Puskesmas Alahan Panjang walaupun dengan wilayah kerja yang cukup luas tetap dapat tercover dengan baik dan Alhamdulillah pelayanan kesehatannya tidak terkendala.

Lebih lanjut beliau menyampaikan terkait kegiatan yang dilaksanakan baik oleh Puskesmas maupun kegiatan di masyarakat dan pemerintah kita selalu bersinergi dan bekerjasama mensukseskan seluruh program kegiatan.

Di kesempatan yang lain Puskesmas Alahan Panjang Detrisnalianora menyampaikan bahwa tahun Sebelumnya Puskesmas Alahan Panjang telah mendapatkan Akreditasi Utama, melalui standar pelayanan kesehatan yang telah ditingkatkan beliau berharap Puskesmas Alahan Panjang tahun ini dapat diparipurnakan.

“Alhamdulillah selama kepemimpinan kita disini seluruh program yang mencakup standar pelayanan minimal kita selalu mendapatkan juara di tingkat Kabupaten” tegasnya.

Menutup Kegiatan Ketua Tim Surveyor Re-Akreditasi Nizadi Azkha menyampaikan Apresiasi yang tinggi kepada Puskesmas Alahan Panjang atas usaha dalam meningkatkan Standar Pelayanan Kesehatan.

” Kami yakin peningkatan mutu yang berkelanjutan akan terus diupayakan di Puskesmas Alahan Panjang ini” tegasnya.(*)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Eksplorasi konten lain dari Bimantara News

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca