Safari Ramadhan, Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah Ajak Masyarakat Lebih Peduli Terhadap Perilaku Generasi Muda

Bagikan Artikel

PADANG — Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah mengajak Warga Sumatera Barat (Sumbar) untuk lebih peduli terhadap perilaku generasi muda terutama kalangan pelajar. Ia menilai, akhir-akhir ini angka kenalakalan remaja seperti tawuran dan penganiayaan semakin meningkat di beberapa daerah di Sumbar.

“Melalui momentum Ramadhan ini, Saya mengajak kita semua, untuk lebih peduli terhadap perilaku para generasi muda, kita tidak boleh anggap hal tersebut biasa. Begitu banyak pemberitaan akhir-akhir ini terkait dengan masalah remaja, ada tawuran, ada penganiayaan,”ungkap Mahyeldi saat melakukan Safari Ramadhan ke Masjid Darussakinah Komplek Filano Jaya I, Kelurahan Kubu Dalam Parak Karakah Kec. Padang Timur, Kota Padang, Sabtu (25/3/2023).

Baca Juga :

Gubernur menuturkan, untuk mengatasi permasalahan tersebut kita tidak bisa hanya mengandalkan peran dari pemerintah dan aparat penegak hukum, peran masyarakat sebagai lingkungan sosial juga sangat dibutuhkan karena generasi muda saat ini adalah pemimpin dimasa depan.

Ia menjelaskan, Pihaknya telah menggagas beberapa program sebagai upaya untuk menekan angka kenakalan remaja terutama ditingkat SMA/SMK, salah satu program tersebut dinamai Wirid Gabungan.

Program Wirid Gabungan tersebut telah dimulai semenjak tanggal 22 Oktober 2022 kemaren, dengan dilaksanakan secara serentak oleh siswa SMA/SMK se Sumatera Barat. Wirid tersebut akan terus digelar dua kali sebulan setiap sabtu malam pada minggu kedua dan keempat yang dimulai dari Maghrib hingga Isya dengan konsep mengadopsi Pesantren Ramadhan yang selama ini telah dilaksanakan di berbagai daerah di Sumbar.

“Konsep Pesantren Ramadhan tersebut kita perluas, kalau biasanya hanya pada bulan Ramadhan, sekarang kita dilakukan sepanjang tahun, dengan harapan nantinya bisa menekan angka kenakalan remaja,” kata Mahyeldi.

Materi yang diberikanpun tidak hanya tentang agama dengan metode ceramah, tetapi juga materi lain yang berkaitan dengan remaja bahkan tentang adat dan budaya hal tersebut sesuai dengan program unggulan Pemprov. Sumbar yang telah tertuang dalam RPJMD 2021-2026 yang berbunyi Sumbar Cerdas, Religius dan Berbudaya.

Sementara itu, Pengurus Masjid Darussalam, Rosman Effendi mengaku sangat bersyukur dengan kehadiran Gubernur Mahyeldi bersama rombongan kepala OPD. Menurutnya, kehadiran orang nomor satu di Sumbar ini dapat membantu percepatan pembangunan Masjid kebanggaan Warga Filano Jaya.

“Ini keberkahan yang luar biasa bagi kami warga Komplek Filano Jaya I. Karena Pak Gubernur memulai Safari Ramadhan-nya di tahun 2023 ini dari Masjid Darussakinah dan telah membantu percepatan pembangunan di Mesjid kami ini,” sebut Rosman.

Terkait dengan Himbauan Gubernur, Rosman menyebut hal itu sesuai dengan kekhawatiran dari masyarakat di Komplek Filano.

“Alhamdulillah, kami warga filano jaya juga terus berupaya untuk mencegah kenakalan remaja melalui optimalisasi peran keluarga,”ungkapnya.

Selanjutnya, Gubernur Mahyeldi yang hadir beserta Istri Ny. Harneli Mahyeldi selaku Ketua TP PKK Prov. Sumbar dan Beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah menyerahkan bantuan dari Pemerintah Provinsi Sumbar untuk Pembangunan Masjid Darussakinah sebesar Rp 50 juta dan bantuan sebanyak 10 Al-Qur’an serta 20 kain sarung dari Kanwil Kemenag Sumbar kepada pengurus Masjid Darussakinah.(*)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Eksplorasi konten lain dari Bimantara News

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca