Rakor Penilaian Lomba Gerakan PKK Tingkat Provinsi Sumbar Tahun 2023 Di Nagari Singkarak

Bagikan Artikel

Arosuka – Tim Penggerak PKK Kabupaten Solok menggelar Rapat koordinasi Persiapan Penilaian Lomba Gerakan TP PKK Tingkat Provinsi Sumbar Tahun 2023, di Aula Gedung Serbaguna Nagari Singkarak, Selasa ( 2/5/ 23).

Hadir dalam rapat tersebut   Bupati Solok Capt. H. Epyardi Asda, M.Mar,  Ka TP PKK Kab. Solok Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda, S.P, Asisten I Drs. Syahrial, M.M, Ka Dharmawanita Ny. Tezi Medison, Camat Singkarak Crismon Darma,  Wali Nagari Singkarak Rahman, S.Pd, Ketua kan, BPN, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Niniak Mamak dan tamu undangan lainnya.

Wali Nagari Singkarak Rahman mengatakan beberapa indikator untuk persiapan lomba yang disampaikan telah dilaksanakan dengan sebaik-baiknya terkait dengan indikator yang di berikan kepada TP PKK Nagari.  Selain itu beberapa SKPD sudah turun ke lapangan melaksanakan pembinaan bersama TP PKK Kabupaten dalam rangka mendapatkan hasil yang kita inginkan bersama. 

 “Terkait dengan kebutuhan lomba, kami membutuhkan gapura selamat datang di perbatasan Nagari Singkarak dan Sumani serta gapura batas Nagari Singkarak – Tikalak. Kemudian kami belum memiliki gedung Posyandu sebagai penunjang yang terintegrasi dengan PAUD. “ Ujarnya

Lebih lanjut dijelasakanya didalam penyusunan APB Nagari pada tahun 2023 ini sudah mengalokasikan anggaran untuk menunjang pelaksanaan kegiatan ini, dimana pengalokasiannya sesuai dengan aturan yang di gunakan, yakni untuk ketahan pangan dan juga yang berkaitan dengan Pokja 3. “Kita anggarkan untuk kegiatan budidaya Jamur Tiram, kemudian untuk BUDIKDAMBER (Budidaya Ikan Dalam Ember) dan Hydroponik Untuk hal-hal yang tidak bisa kami maksimalkan, kami berharap kepada Bapak Bupati dan Pemerintah Daerah untuk membantu agar bagaimana kami bisa menampilkan secara maksimal dalam lomba gerakan PKK nanti” Jelasnya.

 Selanjutnya Ketua TP.PKK dalam sambutanya mengatakan dengan hadirnya bapak Bupati Solok di tengah-tengah rapat tersebut dapat menambah semangat kami TP PKK Kab. Solok dengan moto :  Tahu, Mau, Mampu dan punya waktu serta ikhlas membantu program pemerintah kabupaten solok dalam bidang  pemberdayaan masyarakat.

Dikatakan Emiko bahwa TP PKK ini  menjadi motor utama dalam menggerakan kader dan menjalin koordinasi serta sinergitas dengan para stakeholder baik dari sisi pemerintahan maupun dari lembaga non pemerintahan. Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan ini mempunyai arti penting dan strategis dalam tahapan perencanaan program dan penganggaran dalam rangka persiapan Lomba Gerakan PKK di tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2023, Sehingga dapat meningkatkan 10 program pokok PKK serta program-program yang akan dilaksanakan dapat berjalan dengan lebih efektif dan tepat sasaran.

 “Kami berharap rapat koordinasi menjadi komitmen bersama seluruh pengurus TP PKK Kabupaten, Kecamatan dan Nagari beserta seluruh OPD yang ada di Pemerintahan Kabupaten  Solok.  Selain itu kami juga berharap melalui pelaksanaan kegiatan ini benar-benar menghasilkan capaian dan manfaat yang  nyata sebagai wujud kontribusi TP PKK pada pemerintah dan masyarakat” Ucapnya.

 Pada tahun ini, untuk 5 jenis lomba akan diwakili oleh satu Nagari yang merupakan Nagari binaan TP PKK Kabupaten Solok yaitu diwakili oleh Nagari Singkarak Kecamatan X Koto Singkarak, dan akan dilakukan penilaian oleh TP PKK Provinsi pada tanggal 23 Mei 2023.

 Bupati Solok Epyardi Asda dalam pertemuan tersebut berharap semua lapisan masyarakat dapat bergerak aktif dalam menjalankan 10 program pokok PKK, agar bisa  memaksimalkan penilaian dari TP PKK Provinsi nantinya.

“ Saya berharap kepada seluruh OPD dan instansi-instansi, agar bersama berusaha dan berjuang dengan sungguh-sungguh untuk menyukseskan acara tersebut,  Pada prinsipnya kami Pemda siap membantu memfasilitasi bagaimana memeriahkan dan menjadikan kita jadi yang terbaik, saya yakin semua semangat untuk menjalani ini. Mudah-mudahan kegiatan ini bermanfaat dan kita bergairah untuk melaksanakannya. Dengan perasaan senang dan gembira dalam rangka kebersamaan demi nama baik Kab. Solok dan Nagari Singkarak, semoga acara tersebut sukses dan semarak nantinya.” Ujar orang nomor satu di Kabupaten Solok itu.

Dalam Rapat Koordinasi tersebut Bupati juga membuka sesi dialog untuk menyerap aspirasi masyarakat diantaranya :

1. Perbaikan gedung untuk Posyandu

2. Permintaan bibit seperti Terong, kangkung, cabai dll

3. Untuk kebersihan lingkungan masyarakat meminta bak-bak sampah agar sampah yang di hasilkan bisa dikelola dengan baik

4. Kelompok tani membutuhkan kultivator

5. Untuk menunjang UKM, dan penilaian lomba, TP PKK Nagari membutuhkan sebuah aplikasi jual beli online untuk promosi dan jual beli produk UMKM

6. Untuk menunjang penilaian lomba, masyarakat beserta TP PKK Nagari mengusulkan untuk GORO bersama pada tanggal 11 Mei dan 19 Mei 2023 yang juga akan dihadiri Bupati Solok beserta jajaran. (Admin)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Eksplorasi konten lain dari Bimantara News

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca