Panglima TNI Lepas Bantuan Kemanusiaan Bencana Turki

Bagikan Artikel

(Puspen TNI). Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono S.E., M.M., mendampingi Menko PMK Muhadjir Effendy melepas keberangkatan pengiriman bantuan kemanusiaan ke Turki bertempat di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (11/2/2023).

Bantuan kemanusiaan yang dikirim tersebut berasal dari Kemenhan RI dan Basarnas. Barang bantuan dari Kemenhan RI berupa jas hujan 80 koli, 1.526 Kg, sepatu boot 91 koli, 1.850 Kg, selimut 88 koli, 2.065 Kg dengan total 5.441 Kg. Sedangkan bantuan kemanusiaan dari Basarnas berupa perlengkapan rescue 2.787 Kg dan perlengkapan pribadi (makanan, minuman & tenda) 3.221 Kg dengan total 6.008 Kg.

Bantuan kemanusiaan tersebut diangkut menggunakan dua Pesawat TNI AU yaitu Boeing B737-400 dan Hercules C-130. Boeing B737-400 Noreg A-7308 dari Skadron Udara 17 dengan pilot Mayor Pnb Arief R. Hakim dan Mayor Pnb Kresna Hendra W. Sedangkan Hercules C-130 Noreg A-1326 Skadud 32 dengan crew Ltk Pnb Yudi Bandung, Mayor Pnb Andang Rohiman, Kapten Pnb Sony B., Ltt Pnb Bima S., Ltt Pnb Rico S, Kpt Nav Yefta K. dan 18 crew lainnya.

Di hadapan media, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono menjelaskan bahwa tenaga kesehatan yang dikirim merupakan tim advance. “Tim yang dikirim ini merupakan tim advance yang nantinya juga akan kita standbykan untuk mobilitas selama di sana, info yang didapat selama ini berasal dari Athan dan Dubes Turkey, setelah tim ini sampai disana akan kita kirim kembali tim yang lebih lengkap,” jelas Panglima TNI.

Dalam pelepasan keberangkatan bantuan untuk Turki ini, turut hadir Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin, Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi, dan Duta Besar Republik Turki untuk Indonesia Ahmet Cemil Miroglu.(*)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Eksplorasi konten lain dari Bimantara News

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca