Kapolres Dharmasraya Tinjau langsung lokasi Banjir Di Kec.Timpeh

Bagikan Artikel

Dharmasraya – Kapolres Dharmasraya AKBP NURHADIANSYAH, S.I.K. meninjau langsung lokasi Banjir di Jorong Nagari Taratak Tinggi, Kecamatan Timpeh, Kabupaten Dharmasraya, jumat, (10/02/2023).

Kehadiran Kapolres ke lokasi banjir tersebut didampingi Ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya Pariyanto, S. H, Kapolsek Sitiung 1 Koto Agung Akp Agus Salem, S.H, MH, Kasat Intelkam Akp Rajulan, Kepala BPBD, Sat Pol PP, Danramil Pulau Punjung, Wali Nagari Taratak Tinggi Debita Tarni Subarja, Walinagari Ramah Tabek beserta personil Polsek dan Polres Dharmasraya.

Kapolres Dharmasraya AKBP NURHADIANAYAH, S.I.K, menyampaikan rasa prihatinnya atas musibah yang menimpa warga Jorong Sarana Baru Nagari Taratak Tinggi khususnya bagi para warga yang terdampak langsung oleh bencana banjir, yang hingga saat ini mulai mengevakuasi diri menuju lokasi rumah kerabat yang aman dari banjir.

Baca Juga :

Dalam kejadian ini, wilayah kecamatan Timpeh rumah yang terendam banjir di perkirakan 423 Kepala Keluarga, yang terdiri dari Jorong Nagari Timpeh Rumah yang terendam sebanyak 90 unit, Nagari Taratak Tinggi Rumah yang terendam sebanyak 329 unit , Fasilitas sekolah 6 unit, Rumah Ibadah sebanyak 4 unit, Pukesri/polindes sebanyak 2 unit dan Nagari Tabek rumah yang terendam sebanyak 4 unit. dalam kejadian ini tidak ada menimbulkan korban jiwa.

Kapolres juga mengatakan, banjir itu Disebabkan oleh curah hujan tinggi di wilayah Kabupaten Dharmasraya dalam beberapa minggu ini, hujan lebat selama 2 hari, kamis dan jumat maret 2023 mengakibatkan debit air atau volume air batang timpeh naik dan sungai kecil lainnya yang menyebabkan banjir yang merendam rumah warga dan fasilitas lainnya.

Untuk mengantisipasi dan mengatasi bencana alam banjir dan tanah longsor Khususnya di wilayah kecamatan Timpeh Kabupaten Dharmasraya dan sekitarnya, Jajaran Polres Dharmasraya mendirikan posko Pengamanan tanggap darurat Penanggulangan Bencana bertempat di Halaman Kantor Walinagari Tabek Kecamatan Timpeh Kabupaten Dharmasraya.

Personil yang di disiagakan di posko tersebut dari TNI/POLRI, BPBD dan Sat Pol PP Kabupaten Dharmasraya.

Tujuan pendirian posko Pengamanan ini adalah untuk pengendalian dan koordinasi dengan tim Gabungan lainnya dalam Penanggulangan Bencana Kabupaten Dharmaaraya bila terjadi bencana Banjir maupun tanah Longsor.

“Kita berharap posko Pengamanan ini bisa menjadi komando bila sewaktu-waktu terjadi Bencana Alam lanjutan di wilayah kecamatan Timpeh ini, agar tanggap dan cepat menuju tempat kejadian/bencana”, jelas Kapolres Dharmasraya.

Lebih lanjut Kapolres berharap agar situasi dan cuaca seperti saat ini tidak sampai berlarut-larut hingga berhari-hari, serta jangan sampai menimbulkan korban jiwa.

Pada kesempatan itu Kapolres disela-sela kegiatannya bersama Ketua DPRD dan perangkat Nagari Taratak Tinggi membagikan bantuan beberapa Bingkisan biscuit, Indomie kepada warga Jorong Sarana Baru yang berdampak banjir.(*)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Eksplorasi konten lain dari Bimantara News

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca