Kapolres Dharmasraya Buka Pelatihan Keterampilan dan Etika Pelayanan

Bagikan Artikel

kegiatan pelatihan keterampilan Dan etika pelayanan publik

Bimantaranews, Dharmasraya – Dalam upaya meningkatkan kemampuan dan kompetensi personilnya, Polres Dharmasraya mengadakan Pelatihan Keterampilan Dan Etika Pelayanan Publik Bagi Anggota Polri yang bertempat di Lobi Sat Lantas Mapolres ,Selasa, (14/11/2022)

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kapolres Dharmasraya AKBP NURHADIANSYAH, S.I.K dan di hadiri oleh Kabag SDM AKP AKP Joko Sunarno, S.H., M.H, Kasubag Binkar Iptu Hendriza, SH dan personil polres Dharmasraya sedangkan sebagai Narasumber Buk Nina dan amela dari Bank Nagari Cabang Koto Baru.

Dalam sambutannya Kapolres mengatakan bahwa kegiatan pelatihan keterampilan dan etika pelayanan public ini penting dilakukan, untuk mendukung program quick Wins presisi. Kapolres mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada pemateri dari Bank Nagari yang telah meluangkan waktu untuk hadir dan memberikan materi tentang pelayanan publik kepada personil Polres Dharmasraya.

Lebih lanjut kapolres berpesan kepada personil Polres Dharmasaraya agar mengikuti kegiatan ini dengan baik dan materi yang disampaikan di catat, dimaknai dan diimplementasikan dalam pelayanan tugas sehari-hari, yang berimbas pada meningkatnya kepuasan masyarakat terhadap kinerja polri dalam hal pelayanan publik, ini semua .sesuai dengan arah kebijakan pemerintah untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi keterampilan dan etika pelayanan publik kepada personil Polres Dharmasraya yang di sampaikan oleh narasumber pertama ibu Nina dari Bank Nagari Cabang Koto baru. Dalam paparan nya ibu nina menyampaikan pelayanan prima dan etika berbahasa . Dalam pelayanan ada 3 kunci utama yang harus di terapkan yakni 3S (senyum, Sapa dan Salam), Selanjutnya materi dilanjutkan oleh nara sumber kedua yaitu ibu amela customer service bank bagari cabang pembantu sungai rumbai tentang Memberikan Service excellent . Menurut ibu amela ada 3 unsur pelayanan publik yang bisa kita penuhi
1.Oganisasi yang menyelenggarakan pelayanan
2.penerima layanan (pelanggan)
3.kepuasan masyarakat atas layanan yang sudah diberikan

Sementara Tujuan kita memberikan pelayanan prima kepada masyarakat adalah:
1.memberikan pelayanan yang bermutu tinggi kepada masyarakat

  1. Menimbulkan Kepuasan
  2. Menumbuhkan kepercayaan terhadap kita
    4.Menghindari tuntutan yang tidak diperlukan dikemudian hari.

Dalam pelayanan prima kita mempunyai konsep pelayanan :

  1. Attitude (sikap) yaitu pelayanan dengan penampilan serasi, memberikan pelayanan dengan berpikiran positif, memberikan pelayanan dengan sikap menghargai
    2.atention (perhatian)yaitu mendengarkan kebutuhan,
    3 action (tindakan) yaitu mewujudkan kebutuhan pelangggan.

Terakhir, kegiatan ditutup dengan peragaan personil polres Dharmasraya memberikan Service excellent kepada masyarakat, diharapjan dengan pelatihan seperti ini terimplementasi dalam melaksanakan tugas sehari hari sehingga masyarakat merasa dilayani dan diayomi, karena Polri merupakan salah satu institusi pemerintahan pada sektor pelayanan publik.(Humas Polres Dharmasraya)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Eksplorasi konten lain dari Bimantara News

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca