Kapolda Sumbar Buka Turnamen Piala Kapolda Sumbar Cup 2023

Bagikan Artikel

Sumbar,Bimantaranews.com – Dalam rangka Hari Bhayangkara ke 77, Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat menggelar turnamen sepak bola piala Kapolda Cup 2023.

Kegiatan pembukaan dilaksanakan di Gor Haji Agus Salim Padang, Rabu (31/5/2023) dengan dibuka langsung oleh Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono.S.Ik, SH.

Turut hadir Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldi, Ketua KONI Sumbar, Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Edi Mardianto, Pejabat Utama Polda Sumbar, para Kapolres, official, pelatih, dan peserta dari satker Polda dan polres jajaran.

Dalam upacara pembukaan tersebut, defile kontingen disuguhkan marching band dari Taruna Akpol yang saat ini sedang melaksanakan Latsitardanus XLIII 2023 di Sumatera Barat.

Kapolda Sumbar dalam amanatnya mengatakan tak dapat dipungkiri bahwa sepak bola merupakan olahraga yang merakyat, sangat populer dan banyak disukai masyarakat bahkan lebih jauh dapat mempersatukan seluruh rakyat Indonesia.

Kalimat “Sepakbola adalah alat perjuangan bangsa” sejak lama masyhur dalam benak rakyat Indonesia. digelorakan oleh tokoh-tokoh pergerakan bangsa Indonesia yang menggemari olahraga ini. Bung Karno, Bung Hatta, Sjahrir, Tan Malaka adalah beberapa diantara sekian banyak tokoh pergerakan yang menggemari sepakbola.

Pada setiap gelaran Event Sepakbola baik di dalam maupun di luar negeri selalu bisa membuat masyarakat dilanda demam sepakbola. kita dapat melihat dan merasakan demam sepakbola melanda Indonesia pada saat pagelaran piala dunia 2022, liga Indonesia dan yang terkini adalah demam sepakbola yang membuat masyarakat Indonesia ber-euforia karena timnas u-22 berhasil meraih medali emas sea games setelah mengalahkan thailand dengan skor 5-2 di final melalui perjuangan yang mendebarkan dan penuh drama.

Lanjut Kapolda Sumbar, Euforia yang sangat wajar mengingat Indonesia harus menunggu 32 tahun untuk kembali meraih emas Sea Games tersebut, dan yang lebih membanggakan bagi Provinsi Sumatera Barat adalah karena Timnas U-22 dilatih oleh pelatih yang berasal dari Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat yaitu bapak Indra Sjafri.

“Ke depan, tentu kita semua masih mendambakan terwujudnya satu impian yaitu tampilnya tim Nasional Sepak Bola Indonesia di ajang piala dunia,” kata Irjen Pol Suharyono.

Kapolda Sumbar menambahkan, Setelah sempat vakum selama 3 tahun, kita patut bersyukur bahwa tahun 2023 ini Polda Sumbar kembali dapat menyelenggarakan Turnamen sepak bola Piala Kapolda Sumbar. Kevakuman tersebut tidak terlepas dari adanya wabah pandemi covid-19 yang melanda dunia.

“Turnamen sepakbola Piala Kapolda Sumbar tahun 2023 ini merupakan langkah kecil Polda Sumbar sebagai bentuk dukungan untuk turut berkontribusi bagi perkembangan prestasi olah raga Indonesia, khususnya dalam bidang sepak bola,” tambah orang nomor satu di Polda Sumbar.

“Turnamen ini juga sekaligus dalam rangka memeriahkan hari Bhayangkara ke-77 tanggal 1 juli 2023 yang akan datang,” ujar Kapolda Sumbar.

“Dalam kesempatan ini saya berharap turnamen sepakbola piala Kapolda Sumbar tahun 2023 dapat menjadi ajang silaturahmi bagi sesama personel Polri Polda Sumbar di tengah-tengah kepadatan tugas dan dapat menghasilkan bibit-bibit sepakbola yang akan mengharumkan nama Kepolisian Polda Sumbar termasuk mengharumkan Provinsi Sumatera Barat,” kata Kapolda Sumbar.

Mari kita sukseskan turnamen ini supaya berjalan dengan lancar dan sukses. pemain, oficial, pendukung dan semua pihak harus bisa menjaga fair play dan sportifitas. hormati dan respek kepada lawan dan wasit. berkompetisilah dengan sehat. jangan melakukan tindakan yang kontraproduktif dan dapat merugikan nama baik institusi. manfaatkan untuk meningkatkan kebugaran jasmani anggota polri polda sumbar sehingga berguna dalam menunjang tantangan tugas kepolisian yang semakin berat.

“Saya ucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada panitia dan para pihak yang telah berpartisipasi dan mendukung terselenggaranya turnamen ini,” tutup Kapolda Sumbar. (*)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Eksplorasi konten lain dari Bimantara News

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca