Jumat Curhat Kamtibmas, Kapolres Dharmasraya Mengajak Masyarakat Bersinergi dalam Mencegah Peredaran Narkoba dan Kecelakaan Lalu Lintas

Bagikan Artikel

Dharmasraya, Bimantaranews.com – Kapolres Dharmasraya, AKBP Nurhadiansyah, S.I.K, memimpin kegiatan Jumat Curhat Kamtibmas di Masjid Jamik Sitiung, Nagari Sitiung, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya. Pada Jumat (15/12/2023), pukul 12.50 WIB

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Kabag SDM, Kasat Binmas, Kasat Lantas, Kasat Sabhara, Kapolsek Sitiung 1 Koto Agung, Wali Nagari Sitiung, pengurus Mesjid Jamik Sitiung, jemaah Jumat Mesjid Jamik, serta tokoh masyarakat Nagari Sitiung.

Dalam Jumat Curhat Kamtibmas, Kapolres Dharmasraya menyampaikan tujuan utama kegiatan ini, yaitu memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menyampaikan keluhan, saran, dan masukan terkait pelayanan Kepolisian dan keselamatan masyarakat.

Fokus utama pembicaraan adalah terkait tertib berlalu lintas saat berkendaraan dan upaya penanggulangan bahaya peredaran Narkoba yang semakin merajalela di wilayah hukum Polres Dharmasraya.

AKBP Nurhadiansyah, S.I.K menyampaikan keprihatinan terhadap gangguan Kamtibmas yang paling sering terjadi di wilayah tersebut, yaitu peredaran narkoba.

Baca Juga :

“Ia menegaskan bahwa narkoba sangat berbahaya bagi masyarakat, terutama generasi muda. Dalam upaya pencegahan, Kapolres menekankan pentingnya peran keluarga sebagai wadah utama dalam membentuk kepribadian anak-anak sehingga dapat terhindar dari ancaman narkoba”. Ujarnya

Sebagai langkah nyata, pihak Polres Dharmasraya telah meresmikan Kampung Tangguh Anti Narkoba di Kenagarian Gunung Selesih, Kecamatan Pulau Punjung. Harapannya, Kenagarian Sitiung dapat mengikuti langkah serupa dengan mendirikan Kampung Tangguh Anti Narkoba dan Posko sebagai bentuk sinergi dalam menekan peredaran narkoba di wilayah tersebut.

Selain itu, Kapolres turut menyampaikan keprihatinan terhadap tingginya angka kecelakaan di wilayah Dharmasraya. Faktor kurangnya kesadaran berkendara, terutama berkendara di malam hari tanpa penerangan atau lampu serta tanpa helm, menjadi penyebab utama kecelakaan lalu lintas. Banyak korban lalu lintas yang tidak terlihat dari luar sehingga memicu peningkatan angka kematian.

Menyikapi tahun politik 2024, Kapolres mengimbau masyarakat untuk bijak bermedia sosial. Penyebaran narasi ujaran kebencian dan berita hoaks dapat menciptakan kekacauan. Oleh karena itu, Kapolres menegaskan pentingnya memastikan kebenaran informasi sebelum disebarluaskan, terutama dalam menghadapi isu politik yang rawan dimanfaatkan untuk menciptakan perpecahan.

Terakhir, Kapolres menambahkan, “Kami Mengharapkan kepada Ninik Mamak dan seluruh tokoh serta masyarakat ikut berperan aktif dalam menjaga keamanan, minimal menjaga keamanan terhadap diri sendiri dan lingkungan sekitar. Apabila ada yang mencurigakan, jangan ragu untuk melapor ke Polsek terdekat atau minimal ke Bhabinkamtibmas.”

Upaya menjaga generasi muda dari penyalahgunaan obat terlarang dan kenakalan remaja juga menjadi perhatian Kapolres. Ia mengajak semua pihak untuk bersama-sama mengawasi anak-anak agar terhindar dari pergaulan bebas dan tindak kejahatan.

Dikesempatan itu Sambutan positif pun datang dari Wali Nagari Sitiung yang menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kapolres Dharmasraya dan seluruh personilnya. Mereka menyatakan kesiapan untuk membantu tugas kepolisian, terutama terkait pemberantasan Narkoba dan menjaga tertib berlalu lintas. Bersama-sama, mereka berkomitmen untuk memberikan informasi terkait pemberantasan dan tertib berlalu lintas, serta menghindari penyebaran informasi hoaks yang dapat memicu perpecahan.

Kegiatan Jumat Curhat ini merupakan agenda rutin baik oleh Polres Dharmasraya maupun Polsek jajarannya, menunjukkan komitmen dalam menjalin komunikasi dengan masyarakat.(rls)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Eksplorasi konten lain dari Bimantara News

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca