Gerak Cepat, Wako Hendri Septa Sosialisasikan Program KUR Kementan RI Kepada Petani

Bagikan Artikel

Bimantaranews.com, Padang – Wali Kota ta Padang Hendri Septa membuka acara Sosialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) Program Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI).

Doc : Sambutan Walikota padang saat sosialisasi kredit usaha rakyat bidang pertanian

Sosialisasi tersebut diadakan di panggung utama Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke-16, kawasan Lanud Sutan Syahrir, Tabing, Rabu (14/6/2023).

Wako Hendri Septa menjelaskan, Pemerintah Kota Padang telah menandatangani komitmen bersama dengan Kementerian Pertanian dalam penyaluran KUR khusus bidang pertanian tanpa agunan sebesar Rp.50 miliar pada 9 Juni 2023.

“Beberapa waktu lalu kita telah menandatangani komitmen bersama dengan Kementerian Pertanian dalam upaya penyaluran KUR ini. Hari ini kita gerak cepat, mumpung lagi penas tani, para petani berkumpul. Kita adakan sosialisasi bagaimana mereka mendapatkan KUR ini melalui instansi perbankan yang ada,” ujar Wako Hendri Septa.

Wako Hendri Septa menambahkan dengan adanya dana KUR ini diharapkan dapat membantu para petani untuk mendapatkan akses permodalan sekaligus mengembangkan usaha pertanian yang mereka miliki.

“Kota Padang ini memiliki 5214 hektar lahan dilindungi dan petani sebanyak 15 ribu orang. Dengan adanya potensi luar biasa ini dibutuhkan intervensi penguatan modal dari berbagai pihak. Mudah-mudahan dengan bantuan ini diharapkan pertanian Kota Padang semakin maju, mandiri dan modern,” pungkas Wako Hendri Septa.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Yoice Yuliani, sosialisasi ini diikuti oleh peserta sebanyak 600 orang, yang terdiri dari petani bidang tanaman pangan, tanaman hias, kelompok wanita tangguh (KWT), petani manggis, Dinas Pertanian dan OPD terkait.

Adapun narasumber dalam kegiatan ini diantaranya, dari Kementerian Pertanian, Bank Nagari Cabang Pasar Raya Padang dan lainnya.(rls).


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Eksplorasi konten lain dari Bimantara News

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca