Cegah Banjir Lanjutan, Wako Padang Pimpin Normalisasi Sungai Batu Busuk

Bagikan Artikel

PADANG – Banjir yang sempat melanda kawasan Batu Busuk, Kelurahan Lambung Bukit, Kecamatan Pauh pada 23 Januari 2023 lalu mesti ditangani agar bencana itu tidak terulang kembali.

Menyikapi hal itu, Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Padang bersama Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V, melakukan upaya pengerukan (normalisasi) Sungai Batu Busuk pasca banjir sampai saat ini dan hingga beberapa hari ke depan.

“Kita bersama BWS Sumatera V melakukan normalisasi sungai Batu Basuk ini demi mencegah kembali terjadinya banjir di kawasan tersebut. Penyebab banjir diduga karena terjadinya pendangkalan Sungai Batu Busuk, sehingga ketika hujan curah tinggi terjadi, debit air menjadi tidak tertampung dan tumpah ke area pemukiman warga,” ungkap Wali Kota saat memimpin langsung pengerukan dasar sungai menggunakan kendaraan alat berat, Sabtu (11/2/2023) siang.

Lebih lanjut Wako Hendri juga menyampaikan apresiasinya atas dukungan BWS Sumatera V yang telah sejak pasca kejadian banjir langsung mengerahkan dua unit kendaraan alat berat untuk menormalisasikan sungai Batu Busuk.

“Batu hasil pengerukan diletakkan di pinggir sungai untuk mempertinggi tebing, hal ini berguna sebagai dinding pencegah meluapnya air ketika debit air sungai meninggi disebabkan hujan dengan curah tinggi,” ucap Hendri.

Seperti diketahui, dalam banjir di Batu Busuk tersebut mengakibatkan lebih dari 100 rumah warga terendam air. Tidak ada korban jiwa dalam bencana ini, namun puluhan warga sempat dievakuasi.

Dalam kesempatan itu terlihat Kepala BWS Sumatera V Muhammad Dian Al Makruf bersama jajaran, Kepala Dinas PUPR Tri Hadiyanto, Camat Pauh Yoserizal dan unsur terkait lainnya. (*)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Eksplorasi konten lain dari Bimantara News

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca