5 Rekomendasi Laptop Gaming Murah dan Bagus di Awal Tahun 2022

Bagikan Artikel

Kamu sedang cari laptop gaming yang murah tetapi bagus di awal tahun 2022 ini? Yuk lihat daftarnya!

Freepik/maxlupascu

Bimantaranews.com – Laptop gaming adalah tipe laptop yang ditunjukan khusus untuk bermain game. Laptop gaming biasanya memiliki spesifikasi tinggi, yang membuatnya berbeda kelas dibanding laptop pada umumnya. Laptop gaming mengandalkan dapur pacu kelas atas agar bisa memainkan banyak game berat dengan lancar.

Berkaitan dengan hal tersebut, kini kita sudah memasuki tahun baru. Di mana semua orang pasti mengawalinya dengan membeli sesuatu yang serba baru. Entah itu jam tangan, perabot, warna kamar, sampai dengan elektronik seperti smartphone, komputer, dan laptop.

Mungkin dari kamu sedang mencari-cari laptop spesifikasi gaming yang termasuk cukup murah tetapi bagus? 

Memang, mencari rekomendasi laptop gaming namun masih dikatakan murah dan terbaik tentu membutuhkan waktu lebih.

Namun, nggak akan butuh waktu lama kok untuk mencarinya! Karena semakin hari semakin banyak saja laptop dengan spesifikasi gaming namun cukup affordable

Oleh karena itu, kami akan membantu kamu untuk memberikan rekomendasi laptop gaming murah dan bagus di awal tahun 2022 ini. Langsung saja yuk, lihat daftarnya!

1. Laptop Razer Blade 15 OLED (Intel i7-10750H)

Laptop gaming ketiga diduduki oleh Razer Blade 15 OLED (Intel i7-10750H). Siapa yang tidak tahu dengan brand Razer ini, brand ini kian menjadi favorit dan telah dikenal luas oleh para gamers.

Meski laptop ini masih memanfaatkan prosesor Intel Generasi Ke-10, namun GPU yang digunakan termasuk cukup mumpuni, yaitu RTX2070. Tak lupa laptop ini tawarkan 8 cores dan 16 threads yang juga baik untuk sekelas laptop.

Meski, hanya menawarkan screen size sebesar 15.6”, namun clarity yang ditawarkan laptop ini rasanya tak usah kalian pusingkan. Sesuai namanya, layar dari laptop Razer Blade 15 ini sudah benar-benar OLED, memastikan gambar dapat disajikan dengan baik dan sempurna.

Untuk memiliki laptop gaming yang cukup iconic ini, kamu bisa mendapatkannya senilai 25 Jutaan Rupiah. Rasanya sebuah harga yang masih masuk di akal terlebih bila sudah masuki rentang harga yang termasuk high-end  ini.

  • Kelebihan Laptop 

– Laptop yang bagus untuk bermain game & bekerja

– Layar laptop blade ini terasa lebih berguna daripada laptop kebanyakan berkat resolusi QHD-nya.

– Keyboard dan trackpad terbaik

– Prosesor blade 15 yang cepat dan RAM cukup banyak

  • Kekurangan Laptop 

– Ukuran laptop yang berat dan tebal

2. Laptop HP Pavilion Gaming 15 (Intel i5-10300H)

Rekomendasi laptop selanjutnya adalah Laptop HP Pavilion Gaming 15 (Intel i5-10300H).  Hewlett Packard alias HP keluarkan laptop gaming bernama Pavilion Gaming 15 yang ditenagai oleh prosesor Intel. Laptop ini menawarkan  4 cores dan 8 threads, rasanya sebuah besaran yang cukup untuk temani aktivitas nge-game dan content creation.

Menariknya, meski penomoran yang disematkan adalah 15, namun screen size yang ditanam ternyata berukuran 16” FHD, membuat laptop ini memiliki kelebihannya tersendiri.

Selain itu, tak lupa HP percayakan RAM sebesar 8GB dan GPU NVIDIA GTX1650Ti yang miliki VRAM sebesar 6GB. Setidaknya, besaran VRAM yang sudah termasuk cukup untuk zaman now.

Bila diamati dengan seksama, dibanderol dengan harga 11 Jutaan Rupiah rasanya sudah termasuk worth it, setidaknya untuk saat ini.

Laptop besutan HP ini berpotensi untuk menandingi titel laptop gaming murah dan terbaik awal tahun ini.

  • Kelebihan Laptop 

– Performa bertenaga dengan Intel Core 10th gen dan Nvidia RTX 2060 Max-Q 6GB

– Layar 144Hz

– Keyboard dengan lampu backlit nyaman digunakan

– Tersedia slot untuk upgrade RAM dan ruang penyimpanan

  • Kekurangan Laptop 

– Sistem pendingin agak berisik

– Baterai rata-rata

– Layar belum mendukung 100% sRGB

3. Laptop Dell G15 (Intel i5-10500H)

Melansir dari Wikipedia, Dell, Inc adalah sebuah perusahaan yang memproduksi dan memasarkan perangkat keras komputer (kebanyakan klon IBM). Sebagian pasarnya berada di komputer pribadi, tetapi Dell juga menjual server, alat penyimpanan data, switchjaringan, dan kluster komputer untuk perusahaan.

Ngomongin mengenai brand Dell, sudah pasti kita berbicara tentang durabilitas yang menjadi nilai lebih dari brand satu ini.

Meski menggunakan prosesor Intel Generasi Ke-10, namun GPU RTX3050Ti yang menemani laptop ini tampak cukup disegani. Setidaknya, besaran 4 cores dan 8 threads ini termasuk baik untuk aktivitas sehari-hari kamu. 

Kamu bisa mempercayai bahwa layar sebesar 15.6”, laptop gaming ini tampaknya bisa menyabet titel laptop murah terbaik berkat dibekali GPU dengan fitur ray-tracing. Satu hal yang tidak bisa dipastikan apakah besaran VRAM sebesar 4GB yang ditawarkan RTX3050Ti termasuk mencukupi atau tidak? 

Kombinasi prosesor, brand, dan GPU yang termasuk mumpuni rasanya tak salah bila dibanderol dengan harga 13 Jutaan Rupiah. Meski hanya tawarkan prosesor Intel Generasi Ke-10, namun harga yang ditawarkan rasanya cukup memiliki alasannya.

  • Keunggulan Laptop

– Memiliki Bodi yang Kokoh

Produk yang berasal dari Amerika Serikat ini memang dikenal memiliki bodi yang kokoh. Karena laptop ini memakai bahan casing, yakni Chromium. Bahkan, beberapa seri laptop yang diproduksi oleh Dell juga dilindungi dengan baja. Hal itu tentu saja makin memberikan kenyamanan penggunanya karena memiliki laptop yang kokoh terhadap guncangan.

 Untuk bermain game, laptop ini sangat baik

Seri laptop gaming ini memang dirancang khusus untuk pengguna yang hobi bermain game. Tak heran jika di dalamnya terdapat fitur-fitur yang mendukung penggunanya dalam bermain game, salah satunya fitur Game Shift.

– Adanya pelayanan khusus

Keunggulan berikutnya yang dimiliki oleh laptop Dell ialah adanya service center. Dengan adanya service center, kamu tidak perlu panik saat terjadi masalah pada laptop. Kamu hanya perlu menghubungi atau memanggil teknisi ke rumah agar laptop yang bermasalah segera diperbaiki.

  • Kekurangan Laptop

– Desain yang cenderung kaku

Meskipun memiliki desain yang kokoh, tetapi eksterior laptop ini kurang menarik. Buat kamu yang tidak begitu memperhatikan desain, hal itu tidak menjadi masalah serius.

– Belum meratanya service center yang ada.

Kehadiran service center yang disediakan Dell memang sangat membantu, terutama saat laptop bermasalah. Tetapi, pelayanan khusus tersebut masih terbatas di beberapa wilayah di Indonesia. Hal itu cukup disayangkan karena pengguna akan mengalami kesulitan ketika laptopnya bermasalah.

4. Laptop Lenovo V15 (Athlon Gold 3150)

Rekomendasi selanjutnya diduduki oleh laptop Lenovo V15, di mana laptop gaming ini hadir dengan harga yang relatif terjangkau di kelasnya untuk saat ini. Lenovo V15 ini diotaki dengan prosesor Athlon Gold 3150 yang tawarkan 2 cores dan 4 threads, dan disempurnakan dengan VEGA 3.

Laptop ini menawarkan screen size 15.6” yang termasuk besar untuk menulis artikel dan nge-game. Sayangnya, laptop ini menggunakan RAM onboard. 

Namun, masih sediakan 1 slot RAM kosong untuk menambah performa laptop gaming murah ini. Perlu dicatat bahwa laptop ini masih gunakan hardisk konvensional sebesar 1TB, buat ini faktor harus diperhatikan. Laptop ini dibanderol dengan harga 5 Jutaan Rupiah saja. 

  • Kelebihan Laptop 

– Jenis Penyimpannnya SSD + HDD

– Jumlah Core yaitu Dual-Core

  • Kekurangan Laptop 

– Laptop ini masih menggunakan RAM onboard

5. MSI Modern 14 (Ryzen 5 5500U)

Tokopedia/herlinacom

Rekomendasi yang kelima diduduki oleh MSI Modern 14 (Ryzen 5 5500U). Laptop ini ternyata masih ditenagai oleh prosesor kubu merah AMD, dengan jenis accelerated processing unit (APU). Meski hanya menawarkan kemampuan sekelas APU, namun 6 cores dan 12 threads mampu melaksanakan kebutuhan multitasking.

Sesuai nomor serinya, MSI Modern 14 menawarkan besaran layar 14” namun dengan resolusi FHD alias sudah 1080P yang merupakan standar kekinian. MSI membekali laptop gaming murah dan terbaik ini dengan RAM sebesar 8GB yang memiliki kecepatan 3200MHz. Untuk membuatnya makin baik, Modern 14 dilengkapi dengan penyimpanan NVMe sebesar 512GB.

Laptop ini menggunakan prosesor Ryzen Seri 5000, rasanya hampir tak ada yang bisa tundukkan kemampuan dari 5500U kecuali manfaatkan kartu grafis tambahan. Laptop ini dibanderol dengan harga 9 Jutaan Rupiah, dan memiliki bentuk yang cukup kecil, rasanya menjadi nilai lebih untuk pertimbangkan laptop gaming murah terbaik.

  • Kelebihan Laptop 

– Ukuran rinkas dan ringan

– Build quality tangguh berstandar militer

– Performa kencang dengan AMD Ryzen 5 5500U

– Dilengkapi OS Windows 10 Home Edition x64 asli pre-installed

  • Kekurangan Laptop 

– Tidak ada


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Eksplorasi konten lain dari Bimantara News

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca